Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-08-2021
  • 201 Kali

Satlantas Polres Sumenep Bersama Dishub Cek Kelayakan Bus

Media Center, Senin ( 02/08 ) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, mengecek armada bus baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), di Terminal Arya Wiraraja, Senin (02/08/2021).

Pemeriksaan laik jalan bus AKAP dan AKDP tersebut menitikberatkan pada pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, peralatan kendaraan, kondisi kendaraan seperti fungsi rem, spion, dan ban, serta alat pendukung lainnya.

Kemudian alat pemadam kebakaran, alat pemecah kaca, lampu utama, lampu sein, dan kelengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Kasat Lantas Polres Sumenep, AKP Lamudji, SH, mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk melihat kesiapan armada bus yang akan digunakan mengangkut penumpang.

“Pengecekan dilakukan untuk menjamin kendaraan laik jalan dan siap digunakan,” tuturnya.

Menurut Lamudji, kegiatan bersama antara polisi dengan petugas Dishub tersebut sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada penumpang. Apalagi di masa Pandemi COVID-19. Untuk itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh angkutan bus agar di pandemi COVID-19, penumpang harus diisi 50 persen dari kapasitas yang ada.

“Selama Pandemi COVID-19, jumlah penumpang bus memang dibatasi. Itu untuk menjaga jarak antar penumpang," ujarnya.

Selain itu, kata Lamudji, pihaknya juga membagikan masker gratis dan bendera merah putih sebagai simbolis perangi pandemi COVID-19.

“Hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran pada bus yang dilakukan pengecekan. Seluruh bus yang diperiksa dinyatakan laik jalan dan siap untuk mengangkut penumpang," tukasnya. ( Nita, Fer )