Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-12-2022
  • 553 Kali

SDN Kalianget Barat 1 Gelar Pameran Produk Karya Siswa Pelajar Pancasila

Media Center, Selasa ( 13/12 ) Salah satu bagian dari pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka, SDN Kalianget Barat 1 Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, melaksanakan Pameran Produk Karya Siswa Pelajar Pancasila, dengan tema “Berkarya Kebanggaanku”.

Kepala SDN Kalianget Barat 1, Musaheri, M.Psi, mengungkapkan, pameran produk karya siswa Pancasila ini merupakan bagian dari mata pelajaran kurikulum merdeka yang memiliki tujuan secara implisit, untuk mengurangi beban berat siswa dalam menerima berbagai mata pelajaran.

“Karenanya, di sekolah kami setiap jenjang kelas ada 2 jam yang disisihkan untuk siswa-siswi mengambil formula baru dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yakni setiap Sabtu, sedangkan Senin hingga Jumat semua mata pelajaran dimaksimalkan,” jelas Musaheri, di sela-sela Pameran Produk Karya Siswa Pelajar Pancasila, di halaman sekolah setempat, Selasa (13/12/2022) malam.

Lebih lanjut menurut Kepala Sekolah yang juga Pelatih Pembina Pramuka ini, pihaknya menjadikan Sabtu khusus bagi siswa-siswinya guna melaksanakan P5, karena namanya projek siswa tidak memungkinkan menyelesaikan tugas hanya dengan 1-2 jam. Sehingga ketika seperti itu mereka diberikan jenjang waktu hingga minggu berikutnya.

Di samping itu, dengan kegiatan P5, siswa bisa mulai mengenal bahan yang akan dikerjakan hingga tahu proses pembuatannya, seperti mencetak produk yang diciptakan, bahkan siswa juga tahu hingga proses memasarkannya.

Kebetulan SDN Kalianget Barat 1 memilih tema kewirausahaan, sehingga lebih bersifat ekonomis, karena sudah diajarkan bagaimana mengembangkan usaha mikro, sehingga mereka sudah bisa menghitung modal dan harga jualnya berapa.

“Seperti yang dilaksanakan saat ini, dengan memanfaatkan bahan baku tradisional yang ada di sekitar kita, seperti ketela pohon bisa dirubah menjadi bermacam aneka kue yang berbeda dengan bentuk dasarnya, misalnya sate bolu ketela pohon dan sebagainya,” tandasnya.

Diharapkan pula, nantinya anak-anak terinspirasi untuk semakin mengembangkan diri di rumah dengan karya-karya yang lebih kreatif dan bisa dijual untuk menghasilkan bagi dirinya. Terbukti, dengan hanya beberapa jam aneka karya olahan berbahan dasar ketela pohon di masing-masing stand kelas mereka habis terjual.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut yakni dari 13-14 Desember 2022, mendapat antusias dari para orang tua dan komite sekolah, sehingga mereka turut berjibaku dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Selama dua hari pada malam harinya juga dilaksanakan pentas seni oleh siswa masing-masing perwakilan kelas.

Hadir dalam pembukaan pameran karya siswa pelajar Pancasila tersebut, mulai dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kalianget, Koordinator Pengawas Pendidikan Kecamatan Kalianget, komite sekolah, kepala sekolah dan guru serta orang tua siswa hingga masyarakat sekitar sekolah tampak menikmati kegiatan tersebut. ( Ren, Fer )