Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-10-2022
  • 1618 Kali

Senapati Nusantara Terus Perjuangkan Hari Keris Nasional

Media Center, Jumat ( 14/10 ) Organisasi perkerisan Senapati Nusantara mengusulkan kepala pemerintah agar menetapkan Hari Keris Nasional tanggal 25 November, sebagai langkah mendukung pengembangan dunia perkerisan nasional. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Senapati Nusantara, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya telah memperjuangkan Hari Keris Nasional sejak 2 tahun lalu, bahkan telah membicarakannya dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

"Kami mengusulkan Hari Keris Nasional sudah berdasarkan kajian akademis sesuai penetapan UNESCO, bahwa Tosan Aji atau keris menjadi bagian identitas kebudayaan nusantara," kata Hasto Kristiyanto saat membuka Pameran dan Bursa Keris, di Labang Mesem Keraton Sumenep, Jumat (14/10/2022).

Pihaknya mengusulkan Hari Keris Nasional merupakan bentuk penghormatan budaya 'Tosan Aji' yang mengandung falsafah, pendidikan, dan budi pekerti, termasuk juga dinilai punya perspektif ekonomi.

“Contoh Sumenep ini merupakan Kabupaten pengekspor keris terbanyak, sehingga menunjukkan Tosan Aji memiliki efek positif kepada roda perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Karena itulah, Hasto Kristiyanto menambahkan Senapati Nusantara terus memperjuangan agar pemerintah menerima dan menindaklanjuti usulan untuk menetapkan Hari Keris Nasional pada tanggal 25 November.

“Kami mengharapkan pemerintah dalam waktu dekat menetapkan Hari Keris Nasional, karena tanggapannya cukup baik dengan usulan Senapati Nusantara itu,” tambahnya. ( Yasik, Fer )