Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 03-08-2023
  • 633 Kali

Skrining Deteksi Dini PTM dan PM Warga Desa Beluk Kenek Didampingi Batuud Koramil

Media Center, Kamis (03/08) Batuud Koramil 0827/10 Ambunten Serma Sartana beserta Babinsa mendampingi Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Sumenep melaksanakan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit menular (PM).

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat tersebut berlangsung di Desa Beluk Kenek, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Kamis (03/08/2023).

Batuud Serma Sartana mengungkapkan, dengan adanya skrining ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM dan PM melalui posbindu di Beluk Kenek.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mengontrol kesehatan dan mendeteksi lebih dini penyakit yang diderita terutama dalam pencegahan penyakit tidak menular atau menular," ucapnya.

Serma Sartana berujar pelaksanaan kunjungan tersebut meliputi Posbindu PTM, penjaringan dan screening kesehatan di masyarakat Desa Beluk Kenek, posyandu lansia, posyandu balita, posyandu dan pemeriksaaan bumil sehat dan balita sehat, serta penyuluhan kawasan tanpa rokok oleh Puskesmas Ambunten.

"Tadi yang di periksa sekitar ada 65 orang lansia, balita dan bumil. Tadi juga pasang stiker kawasan bebas asap rokok SDN 1 Beluk Kenek dan pengecekan warga yang ODGJ," jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat di Desa Beluk Kenek khususnya, agar dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut dengan baik.

"Ini penting bagi warga di sini, ayo periksakan sejak dini, ini untuk kebaikan agar mengetahui atau melakukan kontrol terhadap kesehatan masyarakat secara optimal, mulai dari lansia, balita dan bumil," pesannya.

(Dim, Han)