Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-10-2022
  • 141 Kali

SMPN 1 Dungkek Gelar Perkemahan Satya Darma Pramuka

Media Center, Selasa ( 04/10 ) Guna membentuk generasi muda bangsa yang tidak mudah menyerah serta memiliki kemandirian, Pramuka SMP Negeri 1 Dungkek melaksanakan Perkemahan Satya Dharma.

Perkemahan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 03-05 Oktober 2022, dihadiri Camat Dungkek Arif Hidayat, sekaligus membuka perkemahan Satya Darma, Selasa (04/10/2022).

Camat Dungkek yang juga Majelis Pembimbing Kwarran (Mabiran) Gerakan Pramuka Dungkek ini mengungkapkan jika Pramuka adalah organisasi kepanduan, sebagai wadah pendidikan non formal, untuk membentuk karakter para generasi muda dalam membangun bangsa, negara dan agama.

“Diharapkan melalui perkemahan ini bisa membentuk karakter anak muda yang tangguh, tidak mudah menyerah, meningkatkan kemandirian, rasa sosial dan solidaritas serta mengasah keterampilan,” ujar Kak Arif.

Menurutnya, sebagaimana makna lambang Pramuka yaitu tunas kelapa, mengandung filosofi bahwa anggota Pramuka adalah generasi muda yang tangguh, ulet dan tidak gampang menyerah.

Dikatakan, seorang Pramuka ditanamkan untuk memiliki tekad kuat, sehingga dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian yang berat sekalipun mampu menghadapi dan mendapatkan solusi terbaik.

"Karenanya jiwa seorang Pramuka yang sudah tertanam sejak muda mampu melaksanakan tanggung jawab dan dapat dipercaya," tambahnya.

Sementara itu, Perkemahan Satya Dharma Pramuka yang diikuti seluruh siswa SMPN 1 Dungkek dari kelas 7, 8 dan 9 di Lapangan Sepak Bola Dungkek, mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah mulai guru dan wali murid. ( Ren, Fer )