Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-12-2022
  • 886 Kali

Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024, KPU Bersama PWI Sumenep Sasar Mahasiswa

Media Center, Selasa ( 27/12 ) Sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada para pemilih terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kali ini bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, KPU menyasar mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) dengan menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam Pemilu 2024.

Acara tersebut berlangsung di Aula Graha Sumekar Universitas Wiraraja Sumenep, dengan menghadirkan ratusan mahasiswa/mahasiswi setempat, Selasa (27/12/2022).

Ketua PWI Sumenep Samsul Arifin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KPU yang telah mempercayai PWI sebagai salah satu media dalam menyosialisasikan seputar Pemilu 2024 mendatang.

“Rasa syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang telah mempertemukan dalam acara ini,” ujarnya.

Wartawan Koran Harian Bhirawa inipun menjelaskan, pihaknya menggelar kegiatan ini di Kampus, karena mahasiswa dianggap salah satu bagian dari masyarakat yang cerdas dalam menyerap informasi benar seputar Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini, kata Samsul, tentunya juga menjadi tanggung jawab PWI Sumenep dalam memberikan informasi yang sah dan benar sebagaimana suara KPU selaku penyelenggara Pemilu.

“Kita mempunyai kewajiban menyampaikan informasi seputar Pemilu kepada masyarakat luas, untuk diketahui apa saja tahapan yang sudah dan akan dilakukan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Penasehat PWI Sumenep Moh. Rifai menuturkan, sosialisasi tahapan Pemilu perlu dilakukan untuk dapat diketahui oleh publik dan melahirkan pemilihan yang berkualitas.

“Kapan itu Pemilu, pelaksanaannya dan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Ini harus disosialisasikan agar masyarakat paham betul, sehingga melahirkan pemilihan yang berkualitas,” tuturnya.

Dirinya sepakat mahasiswa menjadi penting dalam kegiatan ini, karena menjadi salah satu partner dalam menyukseskan Pemilu mendatang. Termasuk mengawasi perjalanan Pemilu di Kabupaten Sumenep.

“Bisa menyampaikan cara memilih yang benar sesuai undang-undang seperti apa. Ini sangat penting,” paparnya.

Sementara Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil memaparkan, seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sumenep. Mulai apa yang sudah dan akan dilakukan untuk menyukseskan Pemilu tahun mendatang itu.

“Mulai dari verifikasi Parpol sebagai calon peserta hingga proses penerimaan pendaftaran calon PPS Pemilu 2024 mendatang yang hingga saat ini masih berlangsung,” jelasnya

Rafiqi mengajak para mahasiswa untuk bersama-sama sukseskan Pemilu demi menentukan pemimpin yang baik dan bisa membawa Indonesia ke depan lebih maju. ( Nita, Fer )