Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-02-2023
  • 606 Kali

STITA Launching Rumah Jurnal

Media Center, Ahad (19/02) Tepat pada hari Ahad (19/02/2023), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) melaksanakan kegiatan Launching Rumah Jurnal dan Penguatan Pengelolaan Jurnal. Launching Rumah Jurnal ini diresmikan oleh Ketua Institusi, Ahmad Effendi.

Setelah kegiatan Launching Jurnal, dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan mendatangkan dua narasumber, yaitu Eko Ari Widodo dan Moh. Syafik pengelola Rumah Jurnal IAIN Madura. 

Tema yang diusung dalam kegiatan adalah “Meningkatkan Sumber Daya Pengelola Menuju Jurnal Internasional Bereputasi”.

Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STITA Misnatun menyampaikan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kualitas jurnal, baik dari segi tata kelola maupun substansi. 

‘’Bulan April mendatang, LPPM akan melakukan reakreditasi Jurnal Tafhim Al-'Ilmi, jadi kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam rangka upgrading peringkat akreditasi jurnal. Saat ini masih peringkat lima di SINTA. Semoga nanti minimal bisa naik ke peringkat tiga,” tukasnya kepada Media Center.

Dalam sambutannya, Misnatun juga menegaskan terbitnya tiga jurnal baru dari setiap program studi, yakni Jurnal JIL; Journal Islamic Education Learning yang akan dikelola Prodi PAI di bawah pimpinan Fathorohman dan Moh. Zainol Kamal, The Prime; Islamic Elementary School Journal milik Prodi PGMI yang pengelolaannya di bawah Kepala Prodi PGMI Shulhan, dan Lughatul Qur’an; Jurnal Pendidikan Bahasa Arab milik Prodi PBA dikelola oleh Moh. Anwar.

Selain meningkatkan kualitas jurnal, Misnatun juga berharap setelah kegiatan tersebut dosen-dosen STITA lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas penelitiannya, sehingga bisa terbit di jurnal nasional maupun internasional.

Terpisah, Ketua PGMI Shulhan mengapresiasi kegiatan tersebut, dan berharap bisa langsung dieskusi.

"Kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan dan langsung ditindalanjuti dengan action" ucap Shulhan di sela-sela kegiatan.

(Gun, Han)