Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-12-2022
  • 683 Kali

Tanggulangi Kekeringan, BPBD Sumenep Salurkan Logistik Tandon Air Bantuan Provinsi Jatim

Media Center, Jum'at ( 09/12 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dalam rangka penanggulangan kekeringan di wilayahnya, mendapat respon dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan bantuan logistik berupa tandon air kepada desa dan Pondok Pesantren (Ponpes).

Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, SH, MH, melalui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumenep, Wahyu Kurniawan Pribadi mengungkapkan, pihaknya hari ini  menyerahkan bantuan logistik berupa 2 tandon ke Desa Badur Kecamatan Batuputih dan Ponpes Darul Hikmah, Desa Batuputih Kenek, asuhan KH. Hairul Anam, dan 1 tandon lagi akan didistribusikan, Senin (12/12/2022) besok.

"Syukurlah Kabupaten Sumenep mendapatkan tiga tandon masing-masing berukuran 1.200 liter, dan hari ini sudah disalurkan ke dua lokasi dan satu lagi ke Desa Prancak akan didistribusikan Senin besok," ujar Wahyu, Jum'at (09/12/2022).

Dikatakan, program penanganan wilayah kekeringan di Kabupaten Sumenep yang mendapat dukungan berupa bantuan dari Provinsi Jawa Timur untuk wilayah kekeringan berupa tandon air, agar benar-benar dimanfaatkan untuk penampungan air oleh lembaga dan desa yang mendapatkan sebagaimana mestinya. Yakni, dengan penggunaan yang baik sehingga bisa dimanfaatkan lebih lama.

Hal tersebut sebagai upaya Pemkab Sumenep membantu masyarakat dalam menanggulangi kekeringan, yang nantinya bisa dimanfaatkan menampung air ketika musim hujan dan pada musim kemarau juga untuk menampung air ketika mendapatkan droping air dari BPBD Kabupaten Sumenep.

"Penyaluran bantuan logistik tandon tersebut memang terbatas dan diperuntukkan bagi desa dan lembaga yang sebelumnya lebih awal mengajukan, sehingga mendapatkan lebih awal agar dapat mengurangi dampak kekeringan air utamanya pada musim kemarau," tandasnya. ( Ren, Fer )