Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 29-03-2023
  • 504 Kali

Terkait Persoalan Sampah Perlu Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Termasuk Pada Anak Sejak Dini

Media Center, Rabu ( 29/03 ) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep mengimbau warga khususnya di seputar Kecamatan Kota dan Kalianget untuk melakukan pemilahan terhadap sampah rumah tangga yang dibuang ke tempat-tempat sampah yang disediakan di beberapa titik.

Kepala DLH Kabupaten Sumenep Arif Susanto, mengungkapkan, pihaknya mengimbau masyarakat sebelum membuang sampah untuk memilihnya terlebih dahulu. Yakni, memisahkan sampah organik dan anorganik, sampah basah dan kering, sehingga memudahkan petugas memisahnya saat mengangkut.

"Jadi ketika sudah dipisahkan terlebih dahulu oleh sumber sampah mulai di rumah tangga akan memudahkan petugas sampah memilih mana yang tidak bisa kena air dan tidak," ujar Arif, Rabu (29/03/2023).

Bahkan, diakui mantan Camat Rubaru ini, persoalan sampah merupakan tugas bersama. Tidak hanya pemerintah, namun yang paling penting juga partisipasi masyarakat. Seperti kesadaran mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan dan sebagainya.

Karenanya, pihaknya juga akan mengundang para kepala desa dan lurah utamanya di Kecamatan Kota dan Kalianget berkaitan dengan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolan sampah.

Bahkan, menurut Arif, dari hasil rapat dengan Bupati bersama Dinas terkait, seperti Diskominfo, Perhubungan, Dinas Pendidikan dan lainnya, untuk mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat termasuk upaya melakukan edukasi kepada siswa mulai TK, SD, SMP hingga SMA terkait persoalan sampah.

"Anak-anak mulai usia dini juga perlu untuk diedukasi agar peduli dengan lingkungan, sehingga tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya. ( Ren, Fer )