Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-09-2021
  • 496 Kali

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Sumenep Ajak Pemuda Jadi Pengusaha

Media Center, Rabu ( 14/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat membidik kalangan pemuda untuk bergerak dan berinovasi sesuai dengan kemampuannya menggelar wirausaha muda pemula.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si mengatakan, program wirausaha muda pemula adalah salah satu wujud visi misi Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka membekali kemampuan skill individu para santri dan pemuda.

Sehingga diharapkan program itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir.

“Sejatinya, terobosan ini dilakukan untuk membangun kreativitas kalangan santri dan pemuda sebagai modal agar memiliki jiwa entrepreunership menghadapi peluang ekonomi global secara digital,” jelas Sekda Edy Rasiyadi pada Pelantikan dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sumenep, di Gedung KORPRI, Rabu (15/09/2021). 

Pemerintah Daerah menginginkan dengan program itu mampu menghasilkan wirausaha muda dari kalangan pemuda baik dari santri, maupun non santri pondok pesantren, guna mengelola segala potensi di sekitar lingkungannya,

“Selain itu, kegiatannya juga sebagai media meningkatkan indeks pembangunan kepemudaan dengan mengatasi munculnya pengangguran baru pada usia muda sesuai dengan amanat Undang-Undang,” tutur Sekda. 

Sekda mengajak pengurus DPD KNPI Kabupaten Sumenep meningkatkan daya saing, inovasi dan keunggulan lainnya sebagai pioner perubahan masa depan di Kabupaten Sumenep, karena era persaingan SDM semakin ketat.

“Pemuda memiliki kemampuan yang signifikan dalam membawa iklim perubahan memajukan daerah, sehingga penguasaan beragam kompetensi mutlak diperlukan untuk membangun Kabupaten Sumenep yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara, proses pengukuhan pengurus DPD KNPI Kabupaten Sumenep Periode 2021-2024 dilakukan DPD KNPI Provinsi Jawa Timur yang menetapkan Syaifur Harir sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumenep. ( Yasik, Fer )