Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-07-2023
  • 891 Kali

Tingkatkan Kompetensi Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen

Media Center, Rabu ( 12/07 ) Sosialisasi peningkatan kompetensi benahi literasi melalui pembelajaran dan asesmen bagi guru fase C, yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Tim Inovasi Jawa Timur, mendapatkan respon positif dari peserta yang dilaksanakan, di Kedai HK Sumenep.

Salah satunya seperti yang diakui Guru SDN Batu Belah Barat Kecamatan Dasuk Suhari, S.Pd., mengakui sangat bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga, dirinya bisa menambah ilmu dan wawasan baru terkait literasi dan numerasi.

"Kami sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini yang tentunya sangat berguna, untuk memperkuat komponen literasi dan numerasi di sekolah kami," ungkap Suhari, Rabu (12/07/2023).

Diakui, meskipun hanya sehari mengikuti sosialisasi tersebut, setidaknya sudah memiliki bekal untuk melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) bersama teman-teman guru dan kepala sekolah di sekolahnya.

Sehingga, mampu meningkatkan kualitas literasi dan numerasi, seperti halnya dalam pembuatan soal yang selama ini diakui banyak menyimpang dan tidak sama dengan apa yang dikehendaki dalam kompenen literasi Inovasi.

"Sebenarnya kami selama ini sudah melaksanakan kegiatan literasi dan numerasi, namun masih sangat berbeda dengan ilmu literasi dan numerasi yang diperoleh dari Tim Inovasi kali ini," ujarnya.

Senada juga diungkapkan Guru SDN Batuputih Daya 1, Haniya, S.Pd, berharap usai mengikuti sosialisasi peningkatan kompetensi benahi literasi melalui pembelajaran dan asesmen ini, akan berupaya untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengajar siswa di sekolahnya, khususnya berkaitan dengan literasi dan numerasi yang baru diperoleh dalam kegiatan tersebut.

"Kami mengakui belum melakukan kegiatan literasi dan numerasi, seperti yang diperoleh pada kegiatan kali ini," ungkapnya.

Haniya berjanji untuk melaksanakan apa yang sudah diperoleh dalam kegiatan tersebut, sehingga dampaknya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Termasuk bersama guru dan kepala sekolah nantinya akan mengikuti petunjuk dan mengisi link yang diberikan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, untuk dilaksanakan sebagaimana RTL setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra, S.Sos, M.Si, melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar, Buhari, S.Pd, M.Pd, sebelumnya menjelaskan sosialisasi peningkatan kompetensi benahi literasi melalui pembelajaran dan asesmen bagi guru fase C ini, diikuti sebanyak 368 guru kelas V, yang dilaksanakan secara bertahap selama enam hari sejak 10-15 Juli 2023.

"Selain bertujuan meningkatkan kompetensi benahi literasi melalui pembelajaran dan asesmen bagi guru fase C, dari satuan pendidikan yang capaian kompetensi literasinya jauh di bawah kompetensi minimum, kegiatan ini juga bertujuan memberikan tambahan wawasan dalam mempersiapkan satuan pendidikan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional 2023,” ujarnya.

Bahkan, usai kegiatan tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, bersama Tim Inovasi lainnya akan melaksanakan pendampingan ke sejumlah sekolah.

Karenanya, para guru yang telah mengikuti kegiatan tersebut mulai menata diri, untuk membangun kompetensi dan melaksanakan komitmen yang sudah menjadi kewajiban guru di masing-masing sekolahnya. ( Ren, Fer )