Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-01-2023
  • 478 Kali

Truck Mengangkut 562 Tabung Gas Elpiji Terbakar

Media Center, Rabu ( 25/01 ) Nasib nahas dialami truck pengangkut 562 tabung gas elpiji. Truck Nomor Polisi (Nopol) M 8521 VD yang sedang berisi muatan tabung gas LPG, terbakar saat dilakukan pengelasan, Rabu (25/01/2023).

Tidak ada korban jiwa, namun ratusan tabung berisi gas elpiji hangus terbakar. Kerugian ditafsir mencapai Rp600 juta.

Truck yang dikemudikan Miftahol Arifin, umur 33 tahun, selaku Sopir PT. Multi Gas Sapeken Jaya, alamat Dusun Mandala RT 003 RW 002 Desa Mandala Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terbakar pukul 09.30 WIB, di bengkel las listrik milik Asmo Dusun Bara' Lorong Desa Bluto.

"Diduga terbakarnya truck angkut tabung gas elpiji itu disebabkan oleh kesalahan Standar Operasional Prosedur (SOP). Yakni saat dilakukan pengelasan sedang berisi muatan tabung gas LPG aktif (baru selesai pengisian) dan ketika pengerjaan pengelasan terjadi percikan api yang bersumber dari tabung LPG bagian tumpukan belakang," ujar Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Berdasarkan keterangan para saksi, lanjut Widiarti, kejadian itu dipicu ketika truck berisi tabung gas elpiji aktif berhenti di bengkel las listrik di Kecamatan Bluto untuk dilakukan pengelasan di bagian besi knalpot.

Setelah itu dilanjutkan ke bagian engsel pintu bak belakang sebelah kanan dan pengelasan ke besi jeruji bagian atas sebagai penutup dan pengaman tabung. 

"Sesaat setelah mengerjakan pengelasan di bagian jeruji atas, tiba-tiba terdapat percikan api yang bersumber dari tabung tumpukan belakang sebelah kanan dan api semakin membesar, sehingga oleh sopir mobil truck tersebut spontanitas dipindah ke sebelah barat bengkel agar api tidak segera menjalar ke bengkel," tuturnya.

Ia menuturkan, sebanyak 4 unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api dibantu aparat keamanan dan warga sekitar.

"Sekitar pukul 11.25 WIB, api berhasil dipadamkan dan petugas Damkar sudah memastikan tidak ada titik api yang masih menyala," ungkapnya.

Setelah api padam, seluruh tabung gas LPG dievakuasi diturunkan dari mobil dan dipindah pada kendaraan truck lain. ( Nita, Fer )