Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-08-2023
  • 1173 Kali

Ulang Janji Pramuka dan Renungan Suci Kwarran Kalianget Dihadiri Kapusdiklatcab Arya Wiraraja

Media Center, Senin ( 14/08 ) Upacara Ulang Janji Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kalianget berlangsung khidmat.

Kegiatan ulang janji yang dilanjutkan renungan suci dipimpin langsung Ketua Kwarran Kalianget Kak Musaheri, Minggu (13/08/2023) malam.

Di samping dihadiri dari Majelis Pembimbing Kwarran (Mabiran) Kalianget, Mabigus dan Pembina Gugus Depan se-Kecamatan Kalianget, juga dihadiri Kepala Pusdiklat Arya Wiraraya Kwarcab Sumenep Kak Hasanudin, beserta jajaran Pelatih Pembina Pramuka lainnya.

Ketua Kwarran Kalianget Kak Musaheri, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta, yang telah dengan suka rela mengucapkan ulang janji sebagai anggota Pramuka. Sehingga harus memegang teguh janjinya untuk mengabdikan dirinya di Gerakan Pramuka.

“Pengucapan ulang janji dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan sebagai insan Pramuka. Dalam perjalanannya, Gerakan Pramuka telah mencapai 62 tahun, yang harus terus dilanjutkan perjuangannya oleh kita semua,” ujarnya.

Dikatakan Ketua Kwarran Kalianget, bahwa ulang janji sebagai anggota Pramuka, berarti mengucapkan kembali janjinya dalam tri satya yang pernah diucapkan dan diamalkan.

"Dan disertai pula penyulutan api, sebagai obor menandakan api semangat yang dikobarkan 10 orang Pramuka sambil mengucapkan Dasa Darma Pramuka," kata Kak Musaheri yang juga Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Sumenep ini.

Dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan Gerakan Pramuka itu, juga dilakukan renungan dengan kata-kata yang menyentuh jiwa para peserta ulang janji Pramuka, seraya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Pramuka, Bagimu Negeri hingga lagu Syukur.

“Semua proses ulang janji Gerakan Pramuka dan Renungan Suci sudah diikuti dan dilaksanakan bersama, tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam membina adik-adik di masing-masing Gugus Depan,” tandas Kak Musaheri, yang juga anggota Pusdiklat Arya Wiraraja ini.

Selanjutnya, pada Peringatan Hari Pramuka ke-62 2023, di sejumlah Kwarran se-Kabupaten Sumenep, banyak menggelar Upacara Hari Pramuka dan berbagai kegiatan mulai dari perkemahan dan arena kegiatan lomba-lomba kepramukaan. ( Ren, Fer )