Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-08-2023
  • 642 Kali

Upacara HUT ke-78 RI, Pemkab Sumenep Libatkan Siswa SD

Media Center, Kamis ( 17/08 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 2023, tidak hanya melibatkan kalangan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja.

Namun, pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini, melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep menghadirkan siswa Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan pakaian adat.

“Kami sengaja mengundang siswa SD pada  upacara memperingati detik-detik proklamasi ini, agar keterlibatan mereka bisa merasakan serta mengetahui secara langsung setiap prosesi upacara peringatan HUT Republik Indonesia,” kata Bupati di sela-sela Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Halaman Kantor Bupati, Kamis (17/08/2023).

Diharapkan, siswa yang merupakan generasi bangsa semakin memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan kepada bangsa Indonesia, sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan yang telah rela berkoban jiwa dan raga, demi menjaga Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI). 

"Perjuangan para pahlawan harus menjadi gambaran kepada generasi penerus, bahwa untuk menegakkan NKRI perlu perjuangan dan pengorbanan, sehingga sejak dini cinta kepada tanah air dan bangsa,” terangnya.

Sementara siswa SD yang menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini sebanyak 400 anak. Mereka mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat, bahkan saat persembahan lagu nasional yang dibawakan kelompok paduan suara, mereka dengan semangat ikut menyanyikan lagu itu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep pada upacara itu juga menampilkan Tari Muang Sangkal, sehingga dengan menampilkan pakaian adat dan tari itu, siswa SD juga mencintai seni dan budaya lokal.

“Semoga, pakaian adat dan Tari Muang Sangkal meningkatkan kecintaan generasi muda kepada seni dan budaya warisan leluhur Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi 2023 berjalan khidmat, lancar dan sukses. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo. ( Yasik, Fer )