Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-03-2023
  • 504 Kali

Yudisium dan Pengambilan Sumpah Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian ke-1 Prodi D3 Farmasi AKS

Media Center, Sabtu ( 18/03 ) Sebanyak 12 mahasiswa Pragram Studi (Prodi) Diploma 3 (D3) Farmasi Akademi Kesehatan Sumenep mengikuti Yudisium dan Pengambilan Sumpah Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian ke-1, di Aula Rumah Sakit Sumekar (AKS), jalan Lingkar Timur, Sabtu (18/03/2023).

Direktur Akademi Kesehatan Sumenep, H. Ach. Novel, M.Si., M.H., dalam sambutannya menjelaskan, AKS dengan Prodi Farmasi yang didirikan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sumenep sudah mendapatkan izin operasional sejak September 2019, yang waktu itu untuk penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi sudah dilakukan Juli.

"Sehingga, pihaknya bersama pimpinan AKS dan dosen berupaya keras bagaimana membuka pendaftaran mahasiswa baru, dan pada angkatan pertama akhirnya bisa menerima 12 mahasiswa yang semuanya hari ini lulus 100 persen dan mengikuti Yudisium," jelas pria yang juga pengacara senior di Kabupaten Sumenep ini.

Diakui Novel jika untuk lulus ujian profesi ahli madya farmasi tidak mudah. Namun, berkat bimbingan yang intens, bahkan seringkali harus dilakukan bimbingan via Zoom, hingga akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan.

"Karenanya saya titip mahasiswa tetap bisa mengembangkan ilmunya dan terus belajar dengan melakukan langkah-langkah sesuai dengan etika profesi yang didapatkan," tandasnya.

Sementara perwakilan mahasiswa Yudisium, Rivaldi Adidya Pratama, menyampaikan terima kasih khususnya kepada dosen dan pimpinan AKS, yang telah memberikan ilmu serta bimbingan pengalaman yang sangat berharga demi cita-cita profesi farmasi tentunya tidak akan pernah terlupakan.

"Pelajaran berharga dari para dosen di forum kelas dan di luar sangatlah berharga dan belumlah bisa dibalas oleh kami," ujarnya.

Bersama teman-temannya seangkatan berharap memiliki tujuan ke depan dan mampu memberikan pengabdian terbaik dalam memberikan layanan bermanfaat bagi masyarakat banyak sesuai dengan bidang profesi dan keahliannya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Sumpah Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian dan Penyerahan ke-12 mahasiswa Tenaga Teknis Kefarmasian dari Direktur AKS kepada Ketua Pengurus Daerah (PD) Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Jawa Timur Rudi Kurniawan, S.E., S.Farm., M.M.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PPLP PT PGRI Sumenep Drs. H. Abu Imam, perwakilan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep, RSUD dr. H. Moh. Anwar, RSI Kalianget dan Rumah Sakit Sumekar.

Juga hadir Ketua STKIP PGRI Sumenep, Dr. Asmoni, M.Pd, Ketua Pengurus Cabang PAFI Kabupaten Sumenep, Erfin Sukayati, S.Sos., S.Farm., M.Kes, Pimpinan Kimia Farmasi Apt. Khaliq Maryono, S.Farm dan undangan lainnya. ( Ren, Fer )