Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-02-2020
  • 673 Kali

Bawaslu Sumenep Pantau Khusus Tahapan Rekrutmen Anggota PPK

Media Center, Selasa ( 04/02 ) Tahapan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2020, yang saat ini memasuki pengumuman 10 besar kandidat, menjadi pantauan khusus Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat.

“Saat ini kami fokus memantau penetapan kandidat 10 besar calon anggota PPK di 27 kecamatan yang dilakukan oleh KPU Sumenep,” tutur Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, Selasa (04/02/2020).

Ia mengaku terus memantau jalannya tahapan rekrutmen PPK itu, guna memastikan para kandidat yang dinyatakan lolos 10 besar, benar-benar tidak bermasalah dan sesuai PKPU.

“Secara khusus kami telah memerintahkan kepada semua Panitia Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pilbup 2020 untuk melakukan penelusuran mengenai rekam jejak dari 10 kandidat PPK yang diumumkan KPU tersebut,” ujarnya.

Hasil dari pengawasan itu, kata Noris, nantinya akan menjadi acuan untuk diteruskan ke KPU. “Sekecil apapun yang menjadi temuan tetap akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu,” tandasnya.

Noris menegaskan, pihaknya tidak ingin kecolongan adanya penyelenggara Pilbup Sumenep 2020, khususnya di tingkat kecamatan adalah orang yang pernah atau sedang bermasalah.

“Kalau sampai ada orang yang bermasalah, nantinya akan memberatkan langkah KPU ke depannya. Kita tidak menginginkan hal ini. Makanya kita pantau secara detail semua kandidat calon anggota PPK di 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep,” tegasnya.

Selain itu, Noris juga berharap masyarakat ikut terlibat pengawasan di semua tahapan Pemilihan Bupati Sumenep 2020.

“Kalau masyarakat mendapati sebuah pelanggaran atau apapun bentuknya, laporkan kepada kami (Bawaslu, red). Kita akan tindaklanjuti,” pungkasnya. ( Nita, Fer )