Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-05-2019
  • 463 Kali

Berkat "Papan SPINDOM OK" Guru Inovasi Raih Prestasi

Media Center, Rabu ( 15/05 ) Berkat alat pembelajaran Inovasi, Taskiyah, S.Pd.I, guru kelas 1 SDN Pangarangan 1 berhasil meraih Juara 3 Lomba Inovasi Alat Peraga Murah se-Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep 2019 untuk tingkat TK, SD dan SMP (kategori peserta digabung) yang dilaksanakan di SMPN 3 Sumenep awal Mei lalu.

Taskiyah mengatakan, awal dibuatnya alat peraga murah tersebut dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi inovator. Yakni, ketika mengajar di kelas, siswa kurang bersemangat dan sulit fokus pada proses pembelajaran.

"Siswa kelas 1 memang mempunyai rentang konsentrasi yang pendek, sehingga kami memutuskan untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik," ungkap Taskiyah, Rabu (15/05/1019).

Diakui Taskiyah, agar menarik minat anak untuk terus aktif mengikuti proses pembelajaran, maka diciptakanlah sebuah media pembelajaran yang diberi nama "Papan SPINDOM OK". Yang merupakan gabungan dari nama-nama muatan pelajaran tematik di kelas 1, yaitu: SBdP, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

"Media ini jadi multifungsi meski bergolong murah, karena hanya berbahan dasar karton tebal, mika plastik, isolasi, kertas dan pita sebagai variasi," jelasnya.

Lebih lanjut Taskiyah menjelaskan, cara menggunakan media ini sangat mudah. Karena di Papan SPINDOM OK ini ada beberapa kantung dari mika plastik, sehingga guru tinggal memasukkan sepotong kertas berisi soal yang akan diberikan pada siswa.

Selanjutnya guru menawarkan pada siswa, siapa yang bisa menjawab. Dan siswa yang ditunjuk, disuruh maju dan mengisi kantung mika dengan potongan kertas jawaban. Bagi siswa yang bisa menjawab, diberikan reward.

"Nah, dengan menggunakan media Papan SPINDOM OK ini, anak-anak sangat antusias mengikuti proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sukses," pungkasnya. ( Ren, Esha )