Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-08-2019
  • 502 Kali

Bupati Harapkan Pramuka Tanamkan Nilai Luhur

Media Center, Rabu ( 14/08 ) Gerakan Pramuka diharapkan menjadi pioneer dalam memberantas korupsi, kolusi, nepotisme, radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.

“Merupakan tekad dan iktikad gerakan Pramuka untuk menjadi bagian terdepan menanamkan nilai-nilai luhur, sehingga dapat membentengi generasi muda khususnya dari kecenderungan terlibat dalam kejahatan-kejahatan luar biasa itu,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019, di Lapangan Kebunagung, Rabu (14/08/2019).

Ia menyatakan, anggota Pramuka menyikapi persoalan kebangsaan itu harus memiliki kesamaan cara pandang dan bahasa, khususnya masalah keutuhan NKRI menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan.

“Saya tekankan segenap anggota Pramuka memegang teguh Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka dalam rangka menjaga keutuhan NKRI melalui implementasinya sehari-hari,” tutur suami Nurfitriana ini.

Pada upacara itu, Bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada 7 pengurus gerakan Pramuka Kabupaten Sumenep, seperti penghargaan kepada Nia Kurnia sebagai Pelopor Putri Kwarcab Sumenep 2019, yang diterima oleh Wakil Bupati Achmad Fauzi, SH. 

Bupati mengungkapkan, anggota Pramuka juga ikut berperan dalam mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan, dengan mengembangkan suatu sikap hidup dan standar berperilaku baru yang bisa membudaya, mengakar dan terinternalisasi, misalnya melakukan aksi nyata "perang terhadap sampah plastik”.

Untuk itu sejak saat ini juga, dalam kegiatan-kegiatan Pramuka, bahkan kegiatan pribadi anggota Pramuka menolak penggunaan barang-barang yang berbahaya bagi lingkungan.

“Memelihara kelestarian lingkungan dan mencegah timbulnya berbagai bencana, seperti banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu gerakan Pramuka tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana, namun harus mengambil peran aktif bersama instansi lainnya,” pungkas Bupati dua periode ini. ( Yasik, Fer )