Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-09-2017
  • 424 Kali

Bupati : PKK Harus Beraktivitas Dan Berinovasi Untuk Bersaing

Media Center, Senin ( 25/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap PKK Kabupaten Sumenep melakukan inovasi dan daya saing guna memajukan lembaga, sehingga jangan hanya menggantungkan diri dengan program lama dan apa adanya.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busro Karim, M.Si mengatakan, PKK Kabupaten Sumenep terus menggali kreatifitas dan inovasi, agar bisa bersaing dengan organisasi lainnya, karena keunggulan inovasi dan daya saing merupakan kunci kemajuan PKK. Itu dilakukan mengingat PKK merupakan ujung tombak pembangunan daerah dan masyarakat tetap membutuhkan PKK sampai detik ini.

Oleh karenanya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep harus terus solid dan konsisten dalam mengawal kesejahteraan anggota dan masyarakat di masa mendatang.

“PKK perlu lompatan kreativitas dan inovasi, jangan hanya berkutat dan melaksanakan program usang dan apa adanya, tetapi juga terus menggali kreatifitas dan inovasi, agar bisa berkembang untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat.”kata Bupati pada acara pembukaan Jambore PKK tahun 2017 di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep, Senin (25/09).

Bupati menyatakan, PKK juga membangun komitmen kelembagaan yang dilandasi nilai kebersamaan dan kekompakan, supaya organisasi itu kuat dan ber-interaksi secara dinamis, agar mampu menjaga ritme organisasi tetap harmonis dan bermanfaat. Karena itu, diharapkan Jambore PKK itu, dilaksanakan berkelanjutan sesuai kebutuhan PKK dan masyarakat Sumenep, sehingga tidak terkesan hanya program seremonial belaka atau sekedar gagah-gagahan.

“Komitmen dengan kegiatan yang dilaksanakan harus ada aplikasi dan manfaatnya bagi masyarakat Sumenep. Saya tekankan agar kegiatan apapun, paradigmanya harus paradigma fungsional, yakni lebih kepada asas manfaatnya, ketimbang pada paradigma struktural atau seremonial belaka,”tegas Bupati.

Bupati menyatakan, Kader PKK hingga Dasawisma agar tanggap terhadap kondisi objektif permasalahan di tengah-tengah masyarakat di masing-masing wilayahnya.

“Misalnya saja, masalah narkoba yang telah masuk ke Desa-desa harus menjadi perhatian serius Kader PKK di sumenep, sehingga PKK harus menjalin kerja sama dengan pihak terkiat. Bahkan juga bersinerji dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Sumenep dalam rangka memberikan andil yang besar, serta turut mempercepat pembangunan daerah,”pungkas Bupati dua periode ini.

Sementara Ketua Tim Peggerak PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro menambahkan, Jambore PKK dilaksanakan sebagai bentuk komitmen organisasinya untuk menjaga dan mempererat Kader PKK di tengah kompetitifnya himpitan era modernisasi, tentu saja mempunyai pengaruh terhadap pemikiran Kader PKK di Sumenep.

“PKK Sumenep terus berupaya berinovasi dan berkreasi untuk menggembangkan organisasi sesuai permasalahan masyarakat, termasuk bersinerji dengan SOPD dalam rangka melaksanakan program-programnya,” imbuhnya. ( Yasik, Esha )