Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-03-2018
  • 364 Kali

Bupati Sumenep Pastikan Program SPAM Ke Pulau Oksigen Gili Iyang Segera Berfungsi

Media Center, Kamis ( 22/03 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berupaya mengembangkan sarana dan prasarana di wisata kesehatan Pulau Oksigen Gili Iyang Kecamatan Dungkek. Salah satunya program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui pipanisasi bawah laut dari Kecamatan Dungkek ke Pulau Gili Iyang sepanjang enam kilometer. 

“Saya terus berusaha agar program SPAM ke Pulau Oksigen Gili Iyang itu segera berfungsi, supaya masyarakat termasuk wisatawan bisa menikmati air bersih.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dalam rilisnya melalui Humas Pemkab Sumenep, Kamis (22/03).

Bupati menyatakan, pengembangan Pulau Oksigen Gili Iyang dalam rangka memfungsikan program SPAM sudah ada pihak pengelola, sehingga pihaknya memastikan pelaksanaan program SPAM itu tidak lama lagi.

“Dalam waktu dekat proyek yang menelan dana miliaran Rupiah itu sudah bisa difungsikan, setelah dilaksanakan Rapat Koordinasi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, BPWS dan Pemerintah Kabupaten Sumenep di Surabaya, Selasa  (21/03) kemarin ada pihak yang ingin jadi pengelolanya.” ungkap Bupati dua periode ini.

Ia mengungkapkan, sebenarnya pelaksanaan pembangunan program SPAM di Kecamatan Dungkek sudah selesai, baik pengeboran air di Desa Candi Kecamatan setempat, pemasangan pipa bawah laut hingga pembangunan tandon di Desa Banraas dan Bancamara.

Hanya saja meski pembangunannya sudah selesai dilakukan, namun belum bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Banraas dan Bancamara di Pulau Oksigen Gili Iyang Kecamatan Dungkek karena ketiadaan pihak pengelola SPAM. 

“Masyarakat dua Desa di Pulau Oksigen Gili Iyang segera menikmati akses air bersih sebagaimana yang diharapkan sejak dulu, karena pihak pengelolanya sudah ada.” tuturnya.

Bupati menambahkan, untuk menambah kapasitas air bersih melalui program SPAM, direncanakan melakukan pengeboran sumber air agar menghasilkan debit air yang lebih besar. 

"Kami berharap dengan penyediaan air bersih itu, objek wisata kesehatan Pulau Oksigen Gili Iyang yang memiliki kadar oksigen tertinggi ke dua di dunia semakin berkembang pesat." pungkas Ketua DPC PKB ini. ( Yasik, Fer )