Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-03-2019
  • 338 Kali

Bupati Tekankan Musrenbang RKPD Tidak Sekedar Kegiatan Formalitas

Media Center, Senin ( 25/03 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumenep untuk kegiatan tahun 2020.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si menegaskan, Musrenbang yang diadakan jangan hanya menjadi acara formalitas maupun agenda rutin tahunan semata. Namun, kegiatan itu harus memberikan manfaat untuk menghasilkan program prioritas demi mendukung pembangunan daerah.

“Saya harapkan semua pihak yang terlibat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan Musrembang untuk merumuskan usulan-usulan prioritas pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Bupati saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2020 di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Senin (25/03/2019).

Bupati berharap Musrenbang tahun ini menghasilkan penyempurnaan program untuk dilaksanakan pada tahun selanjutnya, sehingga rumusan program ada inovasi dan kreasi, supaya programnya benar-benar terarah untuk proses pembangunan Kabupaten Sumenep.

“Program pembangunan hasil Musrenbang tahun ini hendaknya benar-benar ada jiwa dan semangat baru untuk melakukan yang terbaik pembangunan di Kabupaten Sumenep,” imbuh suami Nurfitriana ini.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi mengungkapkan, kegiatan Musrenbang RKPD sebagai jembatan menyinkronkan usulan program, sekaligus verifikasi usulan dari Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Melalui kegiatan Musrenbang itu menghasilkan prioritas program kegiatan pembangunan, sekaligus memadukan program perencanaan penganggarannya,” tuturnya.

Dia menambahkan, tahapan pelaksanaan Musrenbang dilaksanakan di Desa tanggal 17 hingga 31 Januari, Kecamatan pada tanggal 11 Februari hingga 5 Maret, sedangkan pelaksanaan forum konsultasi publik pada tanggal 7 Februari 2019.

“Selanjutnya hasil Musrenbang itu ditindaklanjuti melalui Forum OPD yang pembahasannya di setiap bidang pada tanggal 19 hingga 20 Maret 2019,” pungkasnya.

Musrenbang Kabupaten Sumenep tahun ini ada lima poin yang menjadi titik tekan menyesuaikan target Pemerintah Pusat, diantaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia, percepatan pembangunan infrastruktur, penguatan daya saing ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, dan peningkatan ketertiban serta keamanan. ( Yasik, Esha )