Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-05-2018
  • 531 Kali

Cuaca Tak Menentu, Petani Di Kecamatan Saronggi Beralih Tanam Kacang Hijau

Media Center, Selasa ( 08/05 ) Memasuki musim kemarau dan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, petani perlu mencari alternatif dalam melaksanakan pola tanam. Seperti halnya yang dilakukan petani di wilayah Kecamatan Saronggi yang sebagian petani banyak beralih menanam kacang hijau.

Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi, Serda Bustanuddin yang turut berbaur dan berpartisipasi bersama petani mengungkapkan, jika upaya beralih tanaman sesuai dengan program Pemerintah tentang peningkatan swasembada pangan yang harus mampu mencapai target.

“Ini dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.” ungkap Babinsa Serda Bustanuddin, di Dusun Palalangan Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi, Selasa (08/05).

Menurut Serda Bustanuddin, untuk teknis penanaman kacang hijau ini sangatlah mudah, karena tanaman ini hanya sekali memerlukan air. Yakni pada saat awal penanaman saja sampai menunggu masa panen dan sehabis itu hanya menyemprotkan daun agar terhindar dari serangan hama.

Lebih lanjut menurut Serda Bustanuddin, kegiatan penanaman kacang hijau dikerjakan mulai dari penyiapan lahan, penanaman sampai dengan panen kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 3 bulan lamanya setelah itu kacang hijau siap dipanen.

“Setelah berumur tiga bulan kacang hijau sudah siap dipanen dan kacang hijau juga bisa dipanen dua kali. Namun biasanya, untuk panen yang kedua kali tidak sebanyak yang pertama.” tambahnya. ( Ren, Esha )