Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-07-2018
  • 299 Kali

H-1 Pemberangkatan, 4 Orang JCH Gagal Naik Haji

Media Center, Rabu ( 18/07 ) Sebanyak 4 orang dikabarkan gagal naik haji tahun 2018, pada H-1 pemberangkatan, Rabu (18/07).

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Rifa’ie Hasyim mengatakan, tadi pagi pihaknya menerima laporan, ada 4 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumenep gagal berangkat.

“Laporan itu saya terima tadi pagi. Ada 4 orang tidak jadi berangkat. Semuanya tergabung di Kloter (Kelompok Terbang) 11,” kata Rifa’ie Hasyim, Rabu (18/07).

Ia memaparkan, 4 orang yang batal berangkal itu karena meninggal dunia, ada yang baru selesai menjalani operasi, dan sedang hamil.

“Berhubung yang sedang hamil ini rencananya akan berangkat dengan suaminya, maka suaminya juga mengundurkan diri,” terangnya.

Jadi, kata Rifa’ie Hasyim, setelah berkurang sebanyak 4 orang, maka jumlah JCH yang akan berangkat tahun ini sebanyak 677 orang dari yang sebelumnya 681 JCH.

Menurut Rifa’ie Hasyim, pihaknya telah melaporkan hal tersebut ke Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur melalui email. Harapannya, 4 kursi yang kosong itu bisa diisi jamaah lain.

“Tidak tahu, nantinya akan diisi jamaah dari daerah mana, apakah Surabaya, Sidoarjo atau Gresik. Yang jelas, 3 Kota tersebut merupakan penyangga, ketika ada yang gagal berangkat,” ujarnya.

Sesuai jadwal, JCH asal Kabupaten Sumenep yang terdiri dari 2 kloter akan diberangkatkan besok Kamis (19/07) pukul 12.30 WIB. ( Nita, Esha )