Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-02-2018
  • 381 Kali

Kabupaten Sumenep Siap Sebagai Tuan Rumah FKMA Ke-V

Media Center, Selasa ( 20/02 ) Kabupaten Sumenep mendapat kepercayaan dari Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara (FSKN) sebagai tuan rumah event internasional yakni Festival Keraton Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) Ke-V pada tanggal 27 hingga 31 Oktober 2018.

Kepastian Kabupaten Sumenep menjadi tuan rumah setelah dilakukan peluncuran Festival Keraton Masyarakat Adat ASEAN Ke-V di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Selasa (20/02).

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah FKMA Ke-V pada bulan Oktober mendatang, dan sebagai langkah telah dilakukan berbagai persiapan, seperti perbaikan Keraton Sumenep yang berusia 238 tahun, agar bisa memenuhi ekspektasi tamu dari seluruh Nusantara dan ASEAN.

“Kami bersyukur Kabupaten Sumenep terpilih sebagai tuan rumah FKMA tahun ini, apalagi Kabupaten Sumenep satu-satunya daerah di Jawa Timur yang Keraton beserta seluruh peninggalannya masih utuh dan bisa dinikmati hingga saat ini.” tegas Bupati dalam rilisnya melaui Humas Pemkab Sumenep.

Bupati menyatakan, pihaknya berupaya agar kegiatan FKMA Ke-V di Kabupaten Sumenep memiliki suasana berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, karena dalam kegiatan itu juga ada beberapa rangkaian acara hiburan dan mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang tidak ada di daerah lain.

“Kami ingin tamu FKMA Ke-V tahun ini mengunjungi salah satu wisata kesehatan yang ada di Sumenep bahkan Indonesia yakni Pulau Oksigen Gili Iyang Kecamatan Dungek, yang memiliki kandungan oksigen tertinggi nomer dua di dunia. Sekaligus menikmati pertunjukan musik tong-tong yang sudah internasional, kerapan sapi serta berinteraksi dan berbaur dengan masyarakat yang hidup di kampung pasir.” tutur Bupati 2 periode ini. 

Hadir pada peluncuran Festival Keraton Masyarakat Adat ASEAN Ke-V di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI pejabat dari Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Koordinator Kemaritiman, Ketua Umum Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara, Sultan Sepuh IV Kasultanan Kesepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, SE, para Raja dan Sultan dari seluruh Indonesia. 

Sementara itu, Ketua Umum Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara, Sultan Sepuh IV Kasultanan Kesepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, SE, memberikan apresiasi dan merasa kagum dengan persiapan Kabupaten Sumenep sebagai tuan rumah FKMA Ke-V tahun 2018.

“Kami mengajak seluruh Raja dan Sultan dari seluruh Nusantara untuk bisa hadir ke Sumenep sehingga bisa menikmati destinasi wisata Sumenep, khususnya Pulau Gili Iyang yang memiliki kandungan oksigen terbaik nomer dua di dunia.” tandasnya. 

FKMA Ke-V tahun 2018 di Kabupaten Sumenep diawali dengan road show di 5 Keraton yakni Solo, Medan, Mempawah, Ternate dan Denpasar, sedangkan puncak acaranya diselenggarakan di Kabupaten Sumenep yang dijadwalkan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo. ( Yasik, Fer )