Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-10-2017
  • 394 Kali

Kartu Tani Ini Sebagai Identitas Dan Pembelian Pupuk Bersubsisdi

Media Center, Kamis ( 19/10 ) Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, mengajak masyarakat petani yang belum memiliki kartu tani, untuk membuat kartu tani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultur dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, M.Si mengatakan, petani yang belum memiliki kartu tani hendaknya secepatnya membuat kartu tani, itu dilakukan agar petani tidak kesulitan untuk membeli pupuk bersubsidi.

“Kartu tani ini sebagai identitas dan tentu saja petani yang berhak membeli pupuk bersubsidi, jadi kami harapkan petani yang belum memiliki kartu tani hendaknya segera membuat kartu tani.” kata Bambang Heriyanto saat acara Sosialisasi Aplikasi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) 2018, Kartu Tani dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Guluk-Guluk, Kamis (19/10).

Bambang Heriyanto menyatakan, petani yang belum memiliki kartu hendaknya bergabung dalam satu kelompok tani, karena petani yang ingin memiliki kartu tani, harus terdaftar sebagai anggota di kelompok petani.

Karena itu, diharapkan petani yang belum bergabung dengan kelompok tani untuk segera membuat kelompok tani, sehingga program pemerintah itu tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi petani sendiri.

“Kami inginkan setiap petani di sini harus memiliki kartu tani guna memudahkan pembelian pupuk bersubsidi dan yang jelas kartu tani itu banyak manfaat dan kegunaannya untuk pemegangnya.” tegasnya.

Bambang Heriyanto mengungkapkan, berdasarkan data dari 12 Desa se Kecamatan Guluk-guluk sudah terbentuk 138 kelompok tani dan dari kelompok tani itu sebanyak 4.208 petani yang telah memiliki rekening dan kartu tani.

“Semoga tahun 2018 semua petani sudah memiliki rekening dan kartu tani, dan kami harapkan petani semakin sejahtera dengan adanya program pemerintah itu.” pungkasnya.

Sementara itu Kabid Sarpras dan Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultur dan Perkebunan, Arif Firmanto menambahkan, dengan sosialisasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan petani tentang pentingnya rekening dan kartu tani.

“Sosialisasi ini tentu saja bisa menggugah petani terutama yang belum memiliki rekening dan kartu tani untuk membuatnya, demi kepentingan petani sendiri.” imbuhnya. ( Yasik, Esha )