Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-02-2019
  • 394 Kali

KPU Sumenep Temukan 4 Kotak Suara Pemilu 2019, Rusak

Media Center, Kamis ( 14/02 ) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menemukan 4 (empat) kotak suara untuk Pemilu 2019, rusak.

"Kerusakan kotak suara itu diketahui setelah KPU merakit sekaligus menyortir kotak suara berbahan kardus sejak tiga hari lalu, Selasa (12/02/2019)," kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Kamis (14/02/2019).

Ia menuturkan, kotak suara yang rusak tersebut karena sobek dan bolong.

"Jumlah itu masih bisa bertambah. Sebab perakitan sekaligus inventarisir kotak suara berbahan kardus masih berlangsung," terangnya.

Warits mengungkapkan, untuk kotak suara yang rusak itu akan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur, setelah perakitan dan inventarisir kotak suara selesai secara keseluruhan.

"Kalau proses merakit dan menyortir selesai, baru kami akan laporkan kotak suara rusak ke KPU Provinsi Jatim sesuai prosedur yang berlaku, agar diteruskan ke pihak ke tiga atau rekanan pembuat kotak suara untuk diganti," ungkapnya.

Sementara untuk mengantisipasi adanya kerusakan pasca dirakit, misalnya lembab akibat musim penghujan, menurut mantan Ketua Lakpesdam NU Sumenep itu, KPU sudah memasang alas di bawah susunan kotak suara yang terlihat mulai menggunung.

“Kami sudah memasang palet. Selain itu ada jarak dengan tembok. Kami memang khawatir, kalau nempel tembok, kotak suara yang telah dirakit itu akan lembab,” tambahnya.

Sejumlah kotak suara tersebut nantinya akan disebar ke 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumenep. Masing-masing TPS akan mendapat lima kotak suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Sumenep, DPRD Jawa Timur, DPR RI serta DPD. ( Nita, Fer )