Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-01-2019
  • 373 Kali

Mata Kuliah Kewirausahaan Untuk Bekal Mahasiswa Saat Lulus

Media Center, Selasa ( 15/01 ) Adanya mata kuliah kewirausahaan di berbagai disiplin ilmu, khususnya di Perguruan Tinggi, sangat penting dalam memotivasi mahasiswa, agar memiliki wawasan kewirausahaan serta tidak panik dengan kondisi sulitnya mencari lapangan pekerjaan setelah mereka lulus kuliah.

Hal tersebut diakui salah seorang Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan STKIP PGRI Sumenep, Syaiful Bahri, M.Pd.

Menurutnya, pengetahuan kewirausahaan sangat penting dan tidak hanya dipelajari di buku dan melalui mata pelajaran saja, namun juga perlu banyak belajar dari orang-orang sukses di luar.

“Dengan wawasan luas tentang kewirausahaan, mereka tidak akan bingung untuk memulai usaha,”ungkap Syaiful Bahri, Selasa (15/01/2019).

Diakui Dosen yang juga wirausahawan muda yang energik di Kampus Taneyan Lanjhang STKIP PGRI Sumenep ini, jika mahasiswa rata-rata akan bingung ketika ditanya selesai kuliah akan kerja apa, melamar ke mana dan sebagainya. Dan jarang ada yang berpikirnya selesai kuliah mau buka usaha apa? Atau bisnis apa yang bagus ke depannya?

Hal tersebut diakui Syaiful, karena pola pikir sebagian besar masyarakat menilai, sekolah atau kuliah untuk mencari pekerjaan dan biasanya yang diharapkan para orang tua maupun anak itu sendiri bagaimana mencari pekerjaan di kantor, memakai dasi, kerja bersih dan semacamnya.

“Namun, jarang ada yang berpikir ketika lulus sekolah dan kuliah mau menciptakan lapangan pekerjaan atau berbisnis apa yang bisa dilakukan untuk sukses,” tandasnya.

Syaiful menambahkan, jika saat ini banyak para sarjana yang mengeluhkan sulitnya mencari lapangan kerja. Jika memang sulitnya menemukan peluang kerja, mengapa tidak membuka usaha sendiri maupun mencari mitra usaha, sehingga dapat memecahkan masalah pribadi, sekaligus membuka kesempatan teman-teman lain untuk bekerja.

Karena itulah, betapa pentingnya mempelajari kewirausahaan, baik bagi diri sendiri, orang lain, serta bangsa dan negara. Baik pembelajaran di sekolah dan bangku kuliah, mengikuti pelatihan, seminar, workshop, dan sebagainya. ( Ren, Esha )