Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-04-2019
  • 257 Kali

Memastikan Lancarnya Pemilu Serentak, Bupati dan Forkopimda Pantau TPS

Media Center, Rabu ( 17/04 ) Guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat, memantau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bupati mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan di beberapa TPS angka partisipasi masyarakat di Pemilu serentak tahun ini lebih baik dari pelaksanaan pemilu sebelumnya.

“Partisipasi masyarakat di beberapa TPS sangat tinggi dibandingkan pemilu tahun sebelumnya, semoga masyarakat di daerah lainnya banyak yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya,” tegas Bupati di sela-sela pemantuannya, Rabu (17/04/2019).

Ia menyatakan, ada masyarakat yang masih bingung untuk mencoblos calon pilihannya pada pemilu serentak yang pertama kali dilaksanakan dengan menggunakan 5 jenis surat suara sekaligus.

“Saya mendapat informasi ada masyarakat yang kesulitan dalam memilih calonnya untuk dicoblos terutama bagi masyarakat awam, karena banyaknya jenis surat suara. Bahkan, ada warga yang membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan pencoblosan,” tutur suami Nurfiriana ini.

Bupati bersama Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, S.I.K, Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna, Kejari Sumenep, Bambang Panca Wahyudi dan lainnya memantau pelaksanaan pemilu serentak di beberapa TPS diantaranya TPS 27 Desa Kolor dan TPS 009 Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep. 

Bupati mengakui masyarakat mengalami kesulitan dalam mencoblos surat suara lantaran pemilu serentak tahun ini baru pertama kali, karena tidak hanya pemilu legeslatif tapi juga pemilu presiden dan wakil presiden.

Yang jelas, pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat harus tetap solid menjaga simpul persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan pilihan politik. Untuk itu, jangan jadikan perbedaan pilihan sebagai alasan saling membenci, saling merendahkan dan saling memfitnah,

"Semoga pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019 di Kabupaten Sumenep, berjalan kondusif, nyaman dan lancar, sehingga masyarakat setelah melaksanakan kewajibannya untuk memilih bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkas Bupati dua periode ini. ( Yasik, Fer )