Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-11-2017
  • 671 Kali

Prestasi Pantai Sembilam Tak Lepas Peran Kades Dan Masyarakatnya

Media Center, Kamis ( 23/11 ) Dengan meraih sebagai Juara Terbaik II Kategori Daya Tarik Wisata Alam dalam ajang Anugerah Wisata Jawa Timur 2017, Pantai Sembilan yang ada di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, diharapkan akan mendorong para pengelola pariwisata untuk lebih termotivasi dalam hal pengelolaan pariwisata, khususnya di Sumenep.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si, kepada Media Center, Kamis (23/11) mengungkapkan, dengan masuknya Pantai Sembilan sebagai Juara Terbaik II membuktikan bahwa partisipasi masyarakat Sumenep cukup tinggi dalam inisiatif pengelolaan potensi wisatanya.

“Dalam pengembangan Pantai Sembilan ini tentu tidak lepas dari sosok Kepala Desa Bringsang, Sutlan, SE yang mampu membidik dan mengangkat potensi Desanya,”ungkapnya.

Karena itu diharapkan, dengan prestasi tersebut dapat menjadi cerminan bagi masyarakat Sumenep lainnya untuk terus berpartisipasi aktif meningkatkan perekonomian masyarakatnya di sektor pariwisata, terlebih lagi dalam menyongsong Visit Sumenep 2018.

Ditambahkan mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Sumenep ini, jika daya tarik wisata itu dikelompokkan dalam 3 kategori, antara lain daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, dan daya tarik wisata buatan. Sedangkan di Kabupaten Sumenep sendiri terdapat banyak sekali destinasi wisata, baik yang masuk kelompok alam, budaya, sejarah, religi, minat khusus, kuliner maupun buatan.

Sedangkan pihak penyelenggara memberikan kesempatan kepada tempat-tempat yang masuk ke dalam nominasi untuk mempromosikan dan mengenalkan daya tarik wisatanya melalui media elektronik, yakni televisi.

Penghargaan ini diraih setelah melalui penilaian beberapa kriteria, antara lain kebersihan, jumlah kunjungan wisatawan, infrastruktur, partisipasi masyarakat setempat, Pokdarwis, aksesbilitas, komitmen Pemerintah Daerah terhadap pengembangan pariwisata. Dan untuk mendukung semua kriteria tersebut, maka secara visual dilakukan proses pengambilan gambar profil destinasi wisata yang diunggulkan, yaitu Pantai Sembilan dan statement Kepala Daerah yang dalam hal ini oleh Bupati Sumenep dan telah tayang di stasiun televisi Jawa Timur JTV pada 23 Oktober 2017.

“Seleksi oleh Tim Juri serta masa penilaian sejak bulan September hingga bulan Oktober 2017, akhirnya Pantai Sembilan yang dikelola oleh Sutlan, SE yang juga Kepala Desa Bringsang meraih Juara Terbaik II Kategori Daya Tarik Wisata Alam,”jelasnya.

Sementara, dalam kategori tersebut, Juara Terbaik I diraih oleh Ekowisata CMC Tiga Warna Kabupaten Malang disusul Pantai Sembilan Giligenting Kabupaten Sumenep, dan Mojosemi Forest Park Kabupaten Magetan sebagai Juara III.

Dalam ajang penghargaan obyek dan daya tarik wisata yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Senin (20/11) bertempat di Hotel Grand Mercure Surabaya. Anugrah wisata Jawa Timur ini merupakan salah satu kegiatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur yang bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap pengembangan peningkatan potensi pariwisata di Jawa Timur, khususnya daya tarik wisata. Serta akan mendorong para pengelola usaha pariwisata untuk lebih termotivasi dalam hal pengelolaan pariwisata. ( Fan, Zah, Ren, Esha )