Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-09-2018
  • 572 Kali

Puskesmas Guluk-Guluk Laksanakan Prolanis Di Desa Pordapor

Media Center, Sabtu ( 08/09 ) Puskesmas Kecamatan Guluk-Guluk mengadakan kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Desa Pordapor Kecamatan setempat.

Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Guluk-Guluk, Rini Priantini mengatakan, program itu dilaksanakan sebagai upaya mencegah penderita penyakit kronis tidak mengalami komplikasi lanjutan semisal darah tinggi, gula darah atau diabetes.
Sehingga pihaknya dengan kegiatan Prolanis bisa memantau perkembangan kesehatan pasien pengidap penyakit kronis itu.

“Kami mengajak masyarakat peserta Prolanis agar rajin mengikuti kegiatannya seperti senam, pemeriksaan tekanan darah, dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan secara rutin.” tegasnya, Sabtu (08/09).

Rini Priantini berharap, masyarakat mengikuti kegiatan Prolanis secara rutin guna mengontrol penyakit kronisnya, mengingat setiap pelaksanaan kegiatannya dilakukan pemeriksaan baik itu fisik, pengukuran TB, BB dan lainnya. Termasuk memberi penjelasan mengenai konsumsi makan nasi, penyuluhan serta melakukan kegiatan senam.

“Kami rencanakan pelaksanaan kegiatan Prolanis di 12 Desa se-Kecamatan Guluk-Guluk dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, sehingga kami meminta masyarakat mengikuti program itu untuk menjaga kesehatan dan mencegah komplikasi penyakit kronisnya.” tuturnya.

Sementara itu Tokoh Pemuda setempat, Sandy Tyas Mulyadi mengungkapkan, kegiatan Prolanis harus dilaksanakan di semua Desa se-Kecamatan Guluk-Guluk dengan memaksimalkan petugas media di Puskesmas dan Desa.

Itu dilakukan agar program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat benar-benar terlaksana dan menuai keberhasilan.

“Jadi semua Desa di Kecamatan Guluk-Guluk harus melaksanakan Prolanis agar salah satu program unggulan bidang kesehatan itu tidak hanya sebatas mimpi saja, sehingga impian desa sejahtera bisa terasa dan nyata.” terang Sandy yang juga sebagai Divisi Investigasi dan Informasi LSM Petir ini. ( Yasik, Fer )