Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-01-2020
  • 950 Kali

Puskesmas Pandian MoU Screening HIV/AIDS Dengan BNNK Sumenep

Media Center, Rabu ( 15/01 ) Puskesmas Pandian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep melakukan Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat, sebagai upaya deteksi dini atau screening pemeriksaan kesehatan bagi penderita HIV/AIDS.

Kepala Puskesmas Pandian, Syamsuri mengatakan, Screening HIV/AIDS khusus bagi para pecandu Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba) yang melakukan rehabilitasi di BNNK Sumenep.

“Kami melakukan kerja sama dengan BNNK Sumenep, karena pecandu narkoba memiliki indikasi terjangkit virus mematikan, utamanya bagi pemakai narkoba jenis morfin dan jarum suntik," ungkapnya, Rabu (15/01/2020).

Menurutnya, MoU Screening AIDS diharapkan bisa mendukung sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dilakukan BNNK Sumenep, sehingga penanganannya lebih maksimal.

Diakatakan, mekanisme screening dilakukan apabila petugas di Klinik Pratama BNNK Sumenep, menginformasikan ke Puskesmas ada pasien baru narkoba yang akan direhabilitasi. Kegiatan ini merupakan program inovasi agar cakupan pelayanan lebih maksimal.

“MoU screening HIV/AIDS juga merupakan inovasi peningkatan cakupan pelayanan, sehingga bisa diberikan penanganan dini melalui pengobatan,” tandasnya. ( Ren, Fer )