Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-10-2017
  • 418 Kali

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Melalui PKGPRB

Media Center, Rabu ( 18/10 ) Dalam rangkaian Gerakan Nasional Pengurangan Resiko Bencana yang pencanangannya dilaksanakan sejak tanggal 13 Nopember 2016 lalu di Klaten oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus dilakukan di Kabupaten Sumenep melalui kegiatan Sekolah Laut Daerah dengan pembentukan dan pengembangan komunitas relawan laut.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, H. Mulyo Trisno, S.Sos, MM pada kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Gerakan Pengurangan Risiko Bencana (PKGPRB) di Sanggar Kegiatan Daerah (SKD) Batuan Sumenep, Rabu (18/10).

Menurutnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, diperlukan upaya serius yang harus dilakukan seluruh stakeholder yang ada di Sumenep.

“Dengan kesadaran masyarakat akan membawa semangat kebersamaan, kesetia kawanan, sosial dan gotong royong yang baik,”ungkapnya.

Dikatakan, dengan kebersamaan tersebut, nantinya diharapkan akan menjadikan nilai budaya di masyarakat dalam pengelolaan risiko bencana di Kabupaten Sumenep. Dan itu diawali dengan menguatkan para komunitas relawan laut yang ada.

Sementara Fasilitator BPBD Kabupaten Sumenep, Pinky Hidayati menjelaskan, kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Gerakan Pengurangan Risiko Bencana terus dilakukan dalam rangka menguatkan semangat dan kepedulian masyarakat terhadap upaya mengurangi risiko bencana di Indonesia.

“Untuk di Sumenep ini difokuskan pada pengelolaan pesisir kelautan dan sumber daya alam di sekitar pesisir, serta terbentuknya komitmen dari aparatur dan masyarakat, agar mendukung upaya pengelolaan kelautan dan sumber daya alam di sekitar pesisir,”jelasnya. ( Ren, Esha )