Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-01-2024
  • 617 Kali

STKIP PGRI Sumenep Gelar Seminar Nasional dan Bedah Buku Jejak Para Wali

Media Center, Sabtu (06/01) Pembumian Islam di Sumenep, dan Madura pada khususnya tidak bisa lepas dari peran ulama dan umara. Jejak-jejak tokoh yang terlibat di dalam Islamisasi di Nusantara itu mulai direkam dalam bentuk literasi. Salah satunya dalam buku yang diterbitkan kalangan kampus berjudul Jejak Dakwah Para Wali.

Buku yang ditulis Dr Iwan Kuswandi M. Pd I bersama tim mahasiswa PGSD STKIP PGRI Sumenep itu dibedah bersama dengan menghadirkan salah satu pemerhati sejarah di Sumenep R. B. M. Farhan Muzammily, Sabtu (06/01/2024).

"Buku ini semacam kumpulan biografi tokoh ulama khususnya yang ada di Sumenep dan Madura pada umumnya. Keberadaan buku semacam ini jelas menambah literasi tokoh masa lalu yang ditulis secara khusus," kata M. Farhan.

Meski begitu, menurut Farhan tentu saja perlu pengayaan dan penelusuran lebih lanjut dengan menggali terus data ataupun sumber sejarah terkait. Apalagi sejarah memang dinamis dan tidak akan pernah berhenti ditulis.

"Di samping juga banyak data maupun informasi yang tersebar di tempat lain. Namun tetap tidak harus menunggu sempurna agar berbentuk buku dan disajikan pada pembaca. Penyempurnaannya nanti melalui saran dan kritik, sebagai penanda bahwa buku itu ada yang baca dan dipelajari bersama," tambahnya.

Sementara Dr Iwan Kuswandi mengatakan bahwa buku tersebut merupakan salah satu bukunya yang khusus mendokumentasikan sekaligus menggali biografi tokoh-tokoh pendakwah di Sumenep dan Madura. Tokoh-tokoh yang diangkat dalam buku merupakan keturunan Wali Songo yang bersinergi dengan tokoh-tokoh di kalangan keraton.

"Jadi tidak hanya sebatas ziarah kubur ke makam para wali dan tokoh-tokoh pendakwah ini, namun juga merekamnya dalam bentuk tulisan sebagai bukti terima kasih dari generasi selanjutnya," jelas Iwan Kuswandi.

Selain pembedah dan penulis, juga presentasi dari tim pengumpulan data dari pihak mahasiswa yang diwakili oleh Sukmawati dan Shindy Aulia AH. Keduanya memberikan tambahan materi dan laporan seputar penggalian data dan penulisan buku.

Acara bertajuk Seminar Nasional Sejarah Ulama Nusantara dan Bedah Buku Jejak Para Wali tersebut yang dihadiri para mahasiswa kampus setempat itu berlangsung di Aula Lantai III STKIP PGRI Sumenep. Kegiatan berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

(Red, Han)