Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-05-2016
  • 291 Kali

TP-PKK Sumenep Gelar Seminar Tata Rias Penganten Khas Sumenep

News Room, Senin ( 16/05 ) Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi berharap para peserta seminar Tata Rias Penganten Khas Sumenep, yang mayoritas perupakan perempuan dan ibu-ibu, betul-betul mengikuti seminar dengan sungguh-sungguh. Sebab, kegiatan tersebut sangat penting, agar salah satu budaya khususnya yang dimiliki Sumenep sejak jaman kerajaan dulu, tetap terjaga kelestariannya. 

“Kami harapkan para peserta tidak hanya datang dan ngobrol, namun harus memperhatikan dan menyimak betul kegiatan yang bagus ini,”ungkapnya. 

Sebab, diakui Wakil Bupati, betul-betul mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, minimal para ibu-ibu nanti bisa semangat untuk bisa merias penganten. Setidaknya bisa untuk merias dirinya sendiri, dan bisa tampil lebih cantik di depan suaminya. 

Sementara Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim mengakui, jika kegiatan seminar tersebut dilaksanakan agar masyarakat Sumenep tetap menjaga kekayaan yang dimiliki Sumenep, seperti tradisi, adat istiadat, dan budaya yang sangat unik. 

“Seperti halnya teknik merias pengantin khas Sumenep yang perlu terus dilestarikan dan dijaga keberadaannya,”ungkapnya. 

Dijelaskan, ada 3 jenis tata rias pengantin di Kabupaten Sumenep, yakni tata rias lega, kapotren, dan lilin. Karena itu, TP-PKK Sumenep disamping menggelar seminar juga berinisiatif menggelar lomba tata rias pengantin khas Sumenep dengan 3 kategori tersebut. 

“Dalam acara ini, kami ingin mengajak seluruh komponen untuk melestarikan budaya Sumenep, yang merupakan warisan para leluhur, agar tidak sampai hilang. Sebab, diakui

Nurfitriana jika tradisi dan budaya dalam pernikahan di Sumenep mulai banyak generasi muda yang meninggalkan bertata rias seperti pengantin Sumenep, khas zaman dulu. 

Bahkan, tidak jarang, tanpa sengaja para pengantin justru memakai budaya luar, seperti Jawa dan Melayu. 

“Nah, karena itu jangan sampai generasi muda tidak mengetahui, bahwa Sumenep juga memiliki budaya yang tidak kalah bagus. Dengan tata rias Sumenep, penganten akan terlihat lebih cantik dan anggun,” tambahnya. ( Ren, Esha )