Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-10-2024
  • 206 Kali

Kapal Cepat Express Bahari Direncanakan Mulai Pelayanan Perdana pada 13 Oktober 2024

Media Center, Senin ( 07/10 ) Kapal cepat Express Bahari yang direncanakan melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Sapudi, Raas, dan Jangkar Situbondo, sudah tiba dan bersandar di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kapal cepat tersebut direncanakan mulai beroperasi atau melayani pelayanan perdana dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Raas, Sapudi dan Situbondo, pada 13 Oktober 2024.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahydi bersyukur kapal cepat Express Bahari yang akan berlayar di lintasan Kalianget ke Pulau Raas, Sapudi dan Situbondo, sudah tiba dan bersandar di Pelabuhan Kalianget, setelah melakukan perjalanan panjang dari Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

"Kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak Express Bahari untuk pelayanan perdananya," tutur Yayak, Senin (07/10/2024).

Ia berharap, kapal cepat sudah bisa melayani pelayaran rute baru dalam minggu ini, setelah operator menyelesaikan pengecekan dan kebersihan kapal. 

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur, Mohammad Nurullah sebagai Operator Kapal Express Bahari, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan peluncuran resmi yang dijadwalkan akan dilakukan pada akhir pekan.

“Direncanakan pelayanan perdana dilakukan pada 13 Oktober 2024. Sekarang masih dalam tahap persiapan, karena kami ingin memastikan kapal dalam kondisi terbaik, termasuk kebersihan dan kesiapan pelayanan untuk penumpang,” ungkapnya.

Kapal Express Bahari memiliki kapasitas penumpang hingga 364 orang, termasuk fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, Express Bahari juga menyediakan layanan gratis bagi penumpang yang memerlukan rujukan medis, dengan syarat melampirkan surat rujukan dari Puskesmas menuju rumah sakit di daratan.

"Untuk memudahkan calon penumpang, pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Express Bahari Mobile yang tersedia di App Store dan Play Store,” pungkasnya.

Kapal cepat Express Bahari, merupakan bagian dari upaya Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, dengan menggandeng PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur, untuk memperluas layanan transportasi laut dan mempermudah akses bagi masyarakat kepulauan.

Dengan adanya penambahan rute ini, diharapkan akses transportasi laut menuju kepulauan khususnya Pulau Sapudi, Raas, dan Situbondo akan semakin mudah dan cepat, serta mampu meningkatkan mobilitas dan perekonomian masyarakat setempat. ( Nita, Fer )