Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-10-2023
  • 834 Kali

Ribuan Ontelis Marakkan Ngontel Keraton Masa Kejayaan

Media Center, Jumat ( 27/10 ) Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kabupaten Sumenep bersepeda bareng yang dikemas dalam Ngonthel Keraton Masa Kejayaan untuk memperingati Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep.

Ngonthel Keraton yang dijadwalkan pada 28 dan 29 Oktober 2023 di GOR A. Yani Pangligur Sumenep, diikuti anggota KOSTI dari berbagai klub sepeda tua di Jawa Timur bahkan daerah lainnya. 

"Kami mengadakan acara ini untuk bersilaturahmi dan kebersamaan antar komunitas onthel,” kata Ketua KOSTI Kabupaten Sumenep Khalish kepada Media Center, Jumat (27/10/2023).

KOSTI Sumenep merencanakan Ngonthel Keraton Masa Kejayaan diikuti ribuan ontelis atau para pengayuh sepeda ontel dari berbagai daerah, di antaranya Mojokerto, Malang, Situbondo, Banyuwangi, Sidoarjo, Tegal, Purwokerto dan Bali untuk berkeliling di Kota Keris. 

Sehingga dengan kegiatannya dalam rangka mengenalkan potensi Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah, seperti seni budaya dan wisata.

“Beragam acara digelar pada kegiatannya seperti Kenduri dan Ngontel Bareng yang diikiuti juga oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo,” terangnya.

Selain itu, pihaknya melalui kegiatan ini ingin mengajak masyarakat membudayakan mengayuh sepeda, karena merupakan olahraga yang murah, meriah dan sederhana untuk menjaga kesehatan.

“Bersepeda bagian dari peduli terhadap lingkungan, guna mengurangi pemanasan global dan mengurangi gas emisi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ngonthel Keraton Masa Kejayaan pada 29 Oktober 2023 mulai pukul 06.00 WIB start dan finish dari GOR A. Yani Pangligur.

Rutenya berkeliling di wilayah Kota Sumenep dan selanjutnya para peserta mengunjungi objek wisata oksigen di Pulau Gili Iyang Kecamatan Dungkek. ( Yasik, Fer )